5 Kebutuhan Makhluk Hidup

Makhluk hidup memerlukan berbagai macam kebutuhan agar dapat bertahan hidup. Kebutuhan makhluk hidup tersebut antara lain adalah,
  • Makanan.
  • Air.
  • Udara.
  • Cahaya Matahari.
  • Temoat tinggal.

1. Makanan.




Makhluk hidup memerlukan makanan karena makanan adalah sumber energi bagi makhluk hidup. Tanpa makanan, makhluk hidup akan mati. Melalui makanan, makhluk hidup bisa menghasilkan energi panas sehingga tubuhnya menjadi hangat.

2. Air.


Selain makanan, makhluk hidup juga membutuhkan air. Air ini brfungsi agar tubuh tidak mengalami kekeringan (dehidrasi). Jika kamu haus, kamu akan mengambil minum bukan? Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan yang sama-sama membutuhkan air.

3. Udara.


Makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernafas. Tanpa udara, makhluk hidup akan mati. Udara yang dibutuhkan makhluk hidup adalah udara yang bersih. Coabalah kamu tutup hidungmu selama 10 detik, apa yang kamu rasakan.




4. Cahaya Matahari.


Makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari. Cahaya matahari dibutuhkan hewan dan manusia untuk menghangatkan tubuhnya, menerangi lingkungan, dan untuk mengeringkan berbagai macam benda. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk proses fotositensis.

5. Tempat Tinggal.


Makhluk hidu membutuhkan tempat tinggal. Manusia membutuhkan rumah sebagai tempat perlindungannya. Hewan dan tumbuhan pun membutuhkan tempat untuk berlindung. Tempat tinggal hewan biasa disebut dengan kandang atau sarang. Tumbuhan menggunakan tanah dan air sebagai tempat tinggalnya.