Delapan Air Terjun Paling Indah di Dunia

Air terjun adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi mulai dari anak-anak hingga orang tua, memilih menghabiskan waktu liburnya di sana. Berbagai tempat di belahan dunia biasanya ada air terjunnya.

Apa itu air terjun?
Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Ada pula air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap kali terjadi.

Bagi sebagian orang, air terjun merupakan sebuah penampakan alam yang mempunyai daya tarik sendiri. Penampang air yang disertai dengan tumpahan air dari atas yang kadang bisa menimbulkan pancaran sinar matahari menjadi seperti pelangi, membuat air terjun enjadi ikon alam nan romantis.

Delapan Air Terjun Terindah di Dunia

Di dunia ini banyak air terjun yang memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Ada delapan air terjun yang dianggap air terjun paling indah di dunia. Air terjun niagara bukanlah termasuk salah satu air terjun terindah yang disebutkan di bawah ini, mungkin niagara yang terbesar dan tertinggi, bukan yang paling indah.



Berikut daftar delapan air terjun terindah di dunia:

1. Steinsdalsfossen Waterfall - Norway.

Steinsdalsfossen adalah air terjun yang paling sering dikunjungi di Norwegia. Hal ini karena tidak terlalu jauh dari Bergen di sungai Fosselva. Steindsfossen tingginya sekitar 50 meter dan berada pada titik terbesar ketika salju mencair pada bulan Mei dan Juni. Sebuah jalan setapak yang berada di belakangnya menjadikan pengunjung lebih nyaman untuk menyaksikan lebih dekat air terjun ini.

2. Beaver Falls - Supai, Arizona, USA.

Beaver Falls adalah salah satu dari empat air terjun di ngarai Havasu Creek. Ini diklaim oleh banyak orang sebagai air terjun yang bukan sebenarnya, karena tingginya yang pendek dan faktanya adalah sejumlah bebatuan besar maupun kecil terletak dekat satu sama lain. Meskipun ukurannya yang kecil, Beaver Falls adalah yang paling indah di antara rata-rata.
Air terjun ini terletak sekitar 9,7 km hilir sungai, dan merupakan yang paling sulit diakses. Sungguh tempat yang paling mantap untuk panjang tebing dan eksplorasi.

3. Un salto la Playa - California, USA.
Sebuah air terjun yang relatif kecil di Julia Pfeiffer Burns Taman Negara, tapi sangat indah dan namanya The Cascade McWay. Air terjun yang hanya dapat diakses dengan berjalan kaki dari jalan yang mengarah ke pantai, dan mungkin leeebih mudah untuk melihat ke papan.





4. Kilt Rock Waterfall - Skotlandia.
Sebuah air terjun ke laut di Skotlandia. Dari 105 meter, gi Isle of Skey di Skotlandia, kita bisa menemukan lompatan tali dari Kilt Rock. Di daerah Trotternish di pulau skye, formasi vulkanik dan tebing-tebing pantai menuju air terjun tanpa diragukan lagi, tampak spektakuler.

5. Silverthreads Falls - Pennsylvania, USA.
Terletak di Dingmans Ferry di Delaware Township, Pike County, United States. Tingginya adalah 24.3 meter atau 89 kaki.

6. Fulmer Falls - Pennsylvania, USA.
Air terjun kedua yang terletak di Taman Rekreasi George W. Childs di Dingmans Ferry, Pike County, Pennsylvania, USA. Tingginya mencapai 16.8 meter.

7. Burney Falls - California, USA.
Merupakan air terjun di Burney Creek di McArthur-Burney Falls Memorial State Park, Shasta County, California. Mempunyai ketinggian 129 kaki dan mempunyai aliran tetap yaitu 4 meter kubik/s.

8. High Force Falls - Inggris.
Air terjun yang ada di sungai Tees, dekat Middleton in Teesdale, County Durham, Inggris. Tingginya adalah 21.5 meter.

Itulah kedelapan air terjun terindah di dunia yang kebanyakan berada di negara Amerika Serikat dengan kota California. Alhamdulillah sudah kelar mengetiknya, semoga bermanfaat.