Khasiat Air Sendang Gua Gong Pacitan

Hari minggu telah tiba, tiada salahnya mengisi liburan dengan berkunjung ke gua-gua di Indonesia. Banyak loh keindahan yang istimewa yang disuguhkan di sana. Salah satunya adalah berkunjung ke Gua Gong yang berada di Kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, 37 kilometer arah barat Kota Pacitan.

Gua merupakan sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa dia harus cukup besar sehingga beberapa bagian di dalamnya tidak menerima sinar matahari.

Gongnya Gua Bangsa Indonesia


Kata GUA berasal dari Bahasa Sansekerta GUHA.
Nah, dari gua-gua indah tersebut, Gua Gong yang ada di Indonesia merupakan gua terindah yang ada di Asia Tenggara.

Gua Gong menjadi salah satu andalan bangsa Indonesia untuk menarik para wisatawan. Gua Gong adalah gongnya gua di Indonesia karena gua tersebut memiliki keindahan yang istimewa dari gua-gua lain di tanah air. Keindahan yang menjadi ciri khas Gua Gong antara lain adalah jenis batu stalaktit dan stalakmit yang masih hidup.




Karena bebatuannya masih hidup, stalaktit dan stalakmitnya terus berair dan berkilau. Batu stalaktit dan stalakmit di gua ini pun sebagian berupa batuan keras. Ornamen yang terbentuk dari stalaktit dan stalakmit juga indah. Ada yang mirip rambut, ada yang mirip otak, ada pula yang mirip benda-benda lain yang unik dan menarik.

"Konon, ada yang meyakini bahwa air sendang dalam gua Gong berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit."

Khasiat Air Sendang Gua Gong Pacitan

Menyusuri lorong dalam gua Gong menimbulkan kekaguman. Gua ini terdiri dari beberapa tingkat. Di bagian bawah dalam gua terdapat sendang atau mata air yang dingin dan jernih. Konon, ada yang meyakini bahwa air sendang dalam gua Gong berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.



Dan yang tak kalah menariknya, bahwa Gua Gong memiliki banyak bebatuan stalaktit atau stalakmit yang bisa berbunyi sendiri sehingga mirip dengan bunyi Gong bila dipukul dengan kosong.