Lima Danau Terkenal di Seluruh Dunia

Danau di seluruh dunia kebanyakan berisi air tawar dibanding berisi air asin. Danau bisa terbentuk karena tiga hal yairu karena aliran sungai, gletser, ataupun juga karena adanya mata air di daerah tersebut.


Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara paada ketinggian yang lebih atas. Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, "ice cap" atau gletser, es ini menutup aliran air keluar danau.

Indonesia dengan Danau Toba, masuk dalam salah satu daftar danau terkenal dunia, yang bisa memberikan pemasukan bagi negara dengan datangnya wisatawan dari luar negeri.

Fungsi Danau:

Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, dimana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan saja.Banyak danau adalah buatan dan sengaja dibangun untuk :
  • 1. Penyediaan tenaga listrik-hidro.
  • 2. Tempat rekresi (berenang, selancar angin dan sebagainya).
  • 3. Untuk persediaan air dan sebagainya.




Dan berikut ini lima Danau terbesar di dunia

1. Laut Kaspia.
Memilikiluas 394.299 km persegi dengan panjang 1.199 km dan kedalaman 946 m. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara asia, Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran, Golestan), Turmenistan dan Kazashtan, Eropa Rusia, Dagestan, Kalymyka dan Oblast Astrakhan.

2. Superior.
Memiliki luas 82.414 km persegi dengan panjang 616 km dan kedalaman maksimal 406 m. Danau Superior adalah danau besar Amerika Utara terbesar yang membatasi Ontario di Kanada dan Minnesota, Wisconsin, serta Michigan di Ameria Serikat. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan.





3. Victoria.
Memiliki luas 69.485 km persegi dengan panjang 322 km dan dalam 82 m. Danau victoria atau Victoria Nyanza juga dikenal dengan sebutan UKEREWE adalah danua terbesar di Afrika, danuau tropis terbesar di dunia dan danau air tawar kedua terbesar dalam luas permukaan setelah Superior.

4. Huron.
Memiliki luas 59.596 km persegi dengan panjang 397 km dan kedalaman maksumum 229 meter. Danau Huron adalah salah satu dari lima danau besar di Amerika. Merupakan yang ketiga dari muara.

5. Danau Toba.

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah-tengah danau ada sebuah pulau vulkanik yang bernama pulau Samosir.
Danau Toba ini sudah sejak lama menjadi daerah tijuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Pulau Nias. Kita bangsa Indonesia wajib bersyukur dengan adanya Danau Toba ini karena dengan keberadaannya, bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

0 Response to "Lima Danau Terkenal di Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (559) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut