Sejarah Singkat Penjajahan Inggris di Indonesia

Namanya penjajahan, dimana pun dan kapan pun terjadi, akan selalu membawa penderitaan, kelaparan, kemiskinan dan kebodohan kepada penduduk yang dijajah itu, termasuk penduduk Indonesia.


Bangsa barat yang pertama kali datang ke Indonesia adalah negara Portugis, yang tujuannya pada mulanya adalah untuk berdagang, mencari rempah-rempah. Namun pada tahun 1511 armada Portugis berhasil menduduki Malaka, tahun 1512 armada Portugis tiba di Ternate (Maluku) dan langsung berhasil mengadakan sekutu dengan Sultan Ternate.

Indonesia pernah dijajah oleh Inggris selain dijajah pula oleh Bealanda dan Jepang. Setidaknya ada lima negara yang benar-benar menjajah Indonesia, saling berebut kekuasaan seakan Indonesia adalah intan permata bagi mereka. Bukan isapan jempol belaka, tapi hal itu memang benar adanya.





Pada tahun 1811, di bawah pimpinan Lord Minto, tentara Inggris berhasil mengalahkan Belanda dan berhasil menduduki Batavia. Belanda menyerah kepada Inggris melalui perjanjian "Tuntang".

Sebenarnya, sebelum tahun 1811, tentara Inggris telah berhasil menguasai daerah-daerah di luar Pulau Jawa, misalnya Bengkulu, dan daerah Sumatera yang lain seperti Gorontalo dan Minahasa.

Dengan menyerahnya Belanda kepada Inggris, maka sejak saat itulah Indonesia mengalami masa penjajahan Inggris. Pemerintahan Inggris yang pertama di Indonesia dipimpin oleh Sir Thomas Stampord Raffles dari tahun 1811 hingga tahun 1816.

0 Response to "Sejarah Singkat Penjajahan Inggris di Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (613) Sejarah (151) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut