7 Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Perlu Diketahui

Siapapun yang hidup di dunia ini pasti memiliki ciri-ciri yang tgertera di bawah ini. Yang pasti, namanya makhluk hidup akan mengalami masa kecil hingga menjadi tua dan mati.

Sebenarnya ciri-ciri makhluk hidup ini sudah pernah diposting, namun jumnlahnya hanya ada lima ciri-ciri makhluk hidup. Sekarang diperluas lagi dengan memecahnya sehingga jumlahnya ada tujuh.






1. Bernapas.

Setiap kita bernapas, kita menghirup udara yang diantaranya adalah oksigen atau O2, dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbondioksida lebih besar dari yang kita hirup. Kita dapat merasakan kebutuhan oksigen ini dengan cara menahan napas selama beberapa menit.

Apa yang akan terjadi pada kita?
Kita akan merasakan sesak sebagai tanda bahwa kita kekurangan oksigen.

2. Bergerak.

Kita dapat berjalan, berlari, berenang dan menggerakkan tangan, itu merupan salah sati ciri-ciri makhluk hidup. Kita dapat melakukan semua itu karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak tersebut terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.


3. Tumbuh dan berkembang.

Perhatikan saja tubuhmu. Apakah tetap kecil saja? Tentu tidak, kamu pasti akan tumbuh menjadi dewasa, tinggi dan bertambah tinggi. Proses inilah yang disebut dengan tumbuh.

Makhluk hidup lain juga mengalamni hal yang sama, hewan maupun tumbuhan.

4. Berkembang biak (reproduksi).

Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut dengan berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah.





5. Peka terhadap rangsangan.

Salah satu contohnya adalah mata kita akan menjadi silau ketika disoroti oleh lampu kendaraan bermotor. Ada kemampuan memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima.

6. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut dengan adaptasi.

Itulah ketujuh ciri-ciri makhluk hidup yang patut kita ketahui.