Siapakah Hayam Wuruk itu?

Hayam Wuruk adalah raja dari kerajaan Majapahit yang memerintah pada tahun 1334 hingga 1389 Masehi. Hayam Wuruk bergelar Sri Rajasanagara.

Beliau adalah putra dari Ratu Tribuantanatunggadewi dan Kertawardana. Di awah pemerintahan beliau, Majapahit mengalami puncak kebesaran dan keemasan.





Pada masa itu, Mahapatih Gajah Mada telah berhasil mempersatukan seluruh Nusantara. Daerah kekuasaannya meliputi wilayah Indonesia saat ini.

Perdagangan dengan luar negeri terutama Cina, mencapai kemajuan. Begitu juga dalam bidang kesusastraan, seni pahat, seni bangun, kehakiman dan agama.

Nama Hayam Wuruk sangatlah terkenal dalam sejarah Indonesia karena dikisahkan dalam kitab Negarakertagama yang disusun oleh Empu Prapanca.

Peninggalan Majapahit yang terkenal dari masa pemerintahan Hayam Wuruk antara lain adalah:


1. Himpunan kitan sejarah Singasari.
2. Kitab sejarah Majapahit.
3. Sastra Arjunawiwaha.
4. Kitab Sutasoma.

Sedangkan salah satu peristiwa penting adalah ketika Hayam Wuruk meraih kemenangan dalam pertempuran melawan kerajaan Sunda atau Pajajaran pada tahun 1351 M.






Perang tersebut dikenal dengan nama perang Bubat. Namun setelah Hayam Wuruk wafata pada tahun 1389 M, Majapahit mengalami kemerosotan dan banyak pemberontakan.