5 Tindakan Tanggap Sebelum Gempa Bumi Terjadi

Negara Indonesia ini merupakan salah satu negara yang paling sering terjadi gempa bumi. Oleh karena itu, kita harus siap siaga, mempersiapkan diri untuk mengurangi kerugian akibat gempa bumi.





Nah, usaha tersebut bisa dimulai dari rumah kita masing-masing. Kita harus memastikan rumah apakah sudah cukup aman dari bahaya akibat dari gempa bumi, seperti tanah longsor.
Kita dapat merenovasi rumah agar tahan terhadap gempa.

Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengurangi kerusakan saat gempa adalah rekayasa bangunan tahan gempa. Bangunan ini dapat menahan kekuatan getaran yang dihasilkan oleh gempa, sehingga kerusakan yang terjadi.


Saat ini banyak gedung yang berdiri di atas pondasi yang tersusun atas baja dan karet. Selain itu, penataan struktur bangunan juga direkayasa sedemikian rupa agar tahan gempa.

Dengan demikian, bangunan tahan gempa tersebut dapat menahan getaran gempa bumi dan mengurangi resiko kerusakan dan kematian penghuni di dalamnya.

Berikut ini ada beberapa tindakan tanggap sebelum gempat terjadi.






1. Merenovasi rumah agar tahan gempa.
2. Cek kestabilan benda yang menggantung.
3. Pelajari liongkungan sekitar kita.
4. Meletakkan benda berat dan mudah pecah di bagian bawah.
5. Selalu sedia P3K, senter, makanan sebagai persediaan darurat.

Itulah kelima tindakan tanggap sebelum gempa bumi terjadi.

0 Response to "5 Tindakan Tanggap Sebelum Gempa Bumi Terjadi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (669) Sejarah (156) Hewan (36) Gunung (26) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut