Perubahan Aspek Budaya Pada Masa Penjajahan Jepang

Jepang pernah menjajah negara Indonesia dalam beberapa tahun saja. Namun sepak terjangnya sudah bisa dilihat dengan begitu teraturnya penempatan posisi di berbagai aspek kehidupan.





Jepang telah berusaha 'menjepangkan' negara Indonesia. Buktinya, Jepang telah menerapkan ajaran Shintoisme kepada masyarakat Indonesia.

Kebiasaan menghormat matahari dan menyanyikan lagu Kimigayo merupakan salah satu pengaruh pada masa pendudukan Jepang. Pengaruh budaya ini menimbulkan perlawanan di berbagai daerah.


Kalian dapat mengamati terjadinya perlawanan masyarakat pada masa pendudukan Jepang. Salah satu penyebab perlawanan adalah penolakan terhadap kebiasaan menghormat matahari.

Perkembangan Bahasa Indonesia pada masa pendudukan Jepang mengalami kemajuan. Pada tanggal 20 Oktober 1943, atas desakan dari beberapa tokoh Indonesia, didirikanlah Komisi (Penyempurnaan) Bahasa Indonesia.






Tugas Komisi ini adalah menentukan istilah-istilah modern dn menyusun suatu tata bahasa normatif serta menentukan kata-kata yang umum bagi Bahasa Indonesia.

Itulah pengeruh dalam aspek budaya pada masa penjajahan Jepang.