Sejarah Penemu Pertama Istilah Indonesia

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik, terdiri dari bemacam-macam pulau, beragam suku dan adat istiadat. Bisa bersatu berkata Bhinneka Tunggal Ika.

Negara Indonesia berwilayah laksana kerajaan Majapahit dahulu, meskipun ada yang lepas. Diantaranya adalah kerajaan Melayu atau Malaysia sekarang.



Istilah Indonesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang ahli etnologi asal Inggris yang bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi.
Istilah Indonesia ini juga digunakan oleh G.W. Esrl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut "Indonesians" dan "Melayunesians" bagi penduduk Kepulauan Melayu.

Pada tahun 1862, istilah Indonesia digunakan oleh orang Inggris bernama Maxell dalam karangannya yang berjudul "The Island of Indonesia" (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi.





Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.

Itulah sejaran penemu istilah Indonesia pertama kali.